Sabtu, 22 Januari 2011

ARTIKEL LIZ #1


Kerusuhan Makam Mbah Priok 2010

Tanjung Priok  berdarah untuk yang kedua kalinya pada Rabu, 14 April  2010.  Meski korban yang meninggal jauh lebih sedikit daripada peristiwa Tanjung Priok 1984, bentrokan yang terjadi antara warga dengan satpol PP itu menarik perhatian banyak pihak. 

Penyebab terjadinya kerusuhan menurut pihak warga terjadi karena makam Mbah Priok yang dianggap keramat itu dikabarkan hendak dibongkar oleh satpol PP karena berada di lahan milik PT PELINDO II. Melihat para petugas satpol PP yang tidak sedikit itu, emosi warga terpancing dan akhirnya terjadilah bentrokan yang mengakibatkan 90 orang terluka. Sedangkan menurut pihak pemerintah setempat, mereka sama sekali tidak berniat untuk membongkar makam Mbah Priok, justru memugarnya. Dapat kita lihat, latar belakang terjadinya kerusuhan ini salah satunya adalah buruknya komunikasi.
Di peristiwa kerusuhan Makan Mbah Priok ini, kita bisa menyaksikan keberingasan yang terpancar dari setiap pasang mata.  Di tempat dimana seharusnya rakyat dan pemerintah hidup berdampingan membangun negara yang lebih baik. Di mana seharusnya rakyat dan pemerintah menjadi satu kesatuan utuh yang tidak terpecah belah guna menjaga kedaulatan negara. Tidak tahu apa jadinya apabila suatu saat negara kita dalam keadaan terancam. Akankah rakyat dan pemerintah bersatu?

-Elizabeth-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar